Minggu, 25 Desember 2016

Marmut Merah Jambu


- Identitas Buku


Judul                          :  Marmut Merah Jambu
Penulis                       :  Raditya Dika
Penerbit                     :  Bukune
Genre                          :  Komedi
Tahun terbit             :  2010
Jumlah halaman   :  222 halaman
ISBN                            :  602-8066-64-8

 - Sinopsis Buku


Marmut merah jambu adalah kumpulan tulisan komedi Raditya Dika. Sebagian besar dari 13 tulisan yang ada pada buku ini adalah pengalaman dan observasi Dika dalam menjalani kehidupan bercinta. Cinta tak terbalas adalah hal yang paling bisa bikin kita nangis tanah. Untuk tau kalau cinta kita tak terbalas, rasanya seperti bahwa kita tidak pantas untuk mendapatkan orang tersebut. Rasanya, seperti diingatkan bahwa kita, memang tidak sempurna, atau setidaknya tidak cukup sempurna untuk orang tersebut.

Dika memulai buku ini dengan berusaha memahami apa itu cinta melalui introspeksi ke dalam pengalaman – pengalaman Dika sendiri. Alih – alih seperti belalang, Dika merasa seperti seekor marmut merah jambu yang terus – menerus jatuh cinta, loncat dari satu hubungan ke hubungan yang lainnya, mencoba terus berlari di dalam roda bernama cinta, seolah – olah maju, tapi tidak, karena sebenarnya jalan di tempat. Seperti marmut yang tidak tau kapan harus berhenti berlari di roda yang berputar.

Kekompakan dan curahan kasih sayang sebuah keluarga tercurahkan ketika Dika sangat perhatian dengan adik – adiknya bahkan kucing peliharaan keluarganya dibuatkan tokoh utama di salah satu bab dimana sang kucing ‘dimanusiakan’. Sang mama yang sangat khawatir dengan sunatan Edgar adik bungsu Dika berharap segalanya berjalan lancar yang diceritakan di bab Balada Sunatan Edgar.

Ayahnya yang sepertinya cuek tapi ternyata perhatian pada Dika dengan ngasih bingkisan lewat orang suruhan ayahnya di detik – detik terakhir di bandara ketika Dika mau shooting di Austrlia yang diceritakan di bab Catatan Si Pemeran Utama dengan Muka Kayak Figuran.

 - Link E-book


Artikel Terkait